Senin, 29 Maret 2021

Sisuka, Mudahkan Perpanjangan SIM di Tulungagung Tanpa Antri

Sisuka, Mudahkan Perpanjangan SIM di Tulungagung Tanpa Antri


TULUNGAGUNG - Pernahkan Anda mengurus Perpanjangan SIM? Jika jawabannya pernah maka Anda bisa membayangkan antrean yang panjang. Memakan waktu yang hampir seharian. 

Namun kini tidak lagi setelah Polres Tulungagung meluncurkan Program Sisuka alias SIM Masuk Desa. 

Peluncuran Sisuka dilangsungkan pada Senin (29 Maret 2021) pukul 10.00 s/d 10.30 wib bertempat di halaman Polres Tulungagung. Kegiatan itu dihadiri sekitar 30 personil. 

Hadir Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto S.H., S.I.K., M.H, Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP M Bayu Agustya, S.I.K, perwira dan anggota Sat Lantas Polres Tulungagung. 

Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto mengatakan Kabupaten Tulungagung   mempunyai wilayah yang cukup luas, terlebih ada sebagian wilayah yang berlokasi di area pegunungan dengan jarak tempuh yang cukup jauh untuk menuju ke pusat kota. Dengan keadaan wilayah tersebut, pasti mengalami banyak kendala, baik itu kendala dalam jarak tempuh, waktu maupun biaya perjalanan bagi masyarakat yang akan melakukan pengurusan dokumen kepolisian, khususnya dalam pengurusan SIM.

Program bapak KAPOLRI yaitu PRESISI, salah satunya Tranformasi pelayanan public yang isinya meningkatkan kualitas pelayan public Polri dengan pembuatan pelayanan online dan delivery service system layanan Kepolisian.

"Program SIM online mencanangkan perpanjangan SIM tanpa kehadiran pemohon SIM Dalam inovasi ini yang masih dalam tahap uji coba, masyarakat yang akan melaksanakan perpanjangan SIM Golongan A dan C tidak perlu datang ke Satpas, cukup melaksanakan perpanjangan dari rumah saja. Sedangkan untuk pengiriman material SIM yang sudah jadi, kami akan bekerja sama dengan PT. POS INDONESIA Cabang Tulungagung," katanya.

Di era saat ini yang semakin canggih, masyarakat sudah tidak asing lagi dengan teknologi, tetapi tidak bisa dipungkiri masih terdapat masyarakat yang masih belum menguasai teknologi.

"Untuk itu sesuai dengan program prioritas Bapak Kapolri tentang peningkatan kualitas pelayanan publik Polri dan untuk menjangkau segala lapisan masyarakat baik itu yang menguasai teknologi maupun yang belum menguasai teknologi, kami satuan lalu lintas Polres Tulungagung meluncurkan inovasi terbaru dalam pelayanan SIM, yang kami beri nama “SISUKA” SIM MASUK DESA SATLANTAS POLRES TULUNGAGUNG," ucapnya.

Sedangkan Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP M Bayu Agustyan menargetkan 50 pemohon setiap harinya melalui Program SISUKA. (NN95/ AND MM)